0 Salah Satu Prediksi Perubahaan Teknologi Informasi yang Spektakuler 5 Tahun Kedepan

Tuesday 15 March 2011 Labels:

Perkembangan teknologi informasi yang semakin berkembang dengan pesat seiring dengan penemuan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dalam bidang Informasi dan Komunikasi sehingga mampu menciptakan alat-alat yang mendukung perkembangan Teknologi Informasi, mulai dari sistem komunikasi sampai dengan alat komunikasi yang searah maupun dua arah (interaktif). Seperti : Gadget. Menurut saya tujuan adanya Gadget adalah untuk menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia lebih dimudahkan karena di desain untuk lebih praktis dari perangkat elektronik lainnya.

Contoh salah satu gadget di antaranya adalah telepon pintar (smartphone) seperti iphone dan blackberry, serta netbook (perpaduan antara komputer portable seperti notebook dan internet). Dan masih banyak lain lagi yang bisa kita rasakan perubahaan atau perkembangan teknologi informasi saat ini.

Dari penjelasan diatas mengenai perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, saya memprediksi 5 tahun kedepan mengenai perubahaan yang akan terjadi adalah Komputer akan sangat berperan dalam pengelolaan kota. Keterlibatan manusia akan semakin berkurang, namun lebih mengoptimalkan fungsi komputer. Dalam hal ini sistem komputerisasi akan banyak dipergunakan dalam pengelolaan dan pengaturan berbagai bidang kehidupan di kota. Beberapa kota besar di dunia telah memanfaatkan sistem teknologi untuk memantau arus lalu lintas secara terus-menerus. Tapi di negara kita belum secara keseluruhan menggunakan sistem komputerisasi untuk pengelolaan kota. Jadi dengan begitu tidak ada lagi namanya macet di ibu kota kita dan tentunya sumber daya manusia (SDM) yang mengatur lalu lintas bisa di fungsikan ketempat lain. Peran saya disini dalam hal memajukan atau mengembangin teknologi informasi melalui sistem komputerisasi terhadap pengelolaan kota di Indonesia adalah melalui Sensor yang mendeteksi jika terjadinya macet. Kalau terjadi macet si sensor akan mendeteksi dan memberikan informasi kepada si Robot yang sudah ditempatkan di setiap tempat lalu lintas. Jadi si robot langsung keluar dan memberikan arahan-arahan terhadap kendaraan tersebut agar lalu lintas berjalan normal kembali. Inilah gambaran yang dapat saya berikan agar lalu lintas di kota kita berjalan normal. Pastinya memerlukan dukungan dari Pemerintah dan Masyarakat secara penuh dan memerlukan dana yang cukup mahal. Tapi hasilnya tentu dapat kita rasakan perbedaannya dari yang sekarang. Karena bukankah hari esok harus lebih baik dari hari ini.

Read more

4 Impian Anak Perantau 10 tahun kedepan

Wednesday 9 March 2011 Labels:

Teknologi informasi semakin hari semakin perkembangannya luar biasa di penjuru dunia. Penggunaan internet telah berlipat ganda dari hari ke hari. Tapi sungguh disayangkan klau masyarakat Indonesia hanya sebagai objek dari Perkembangan Teknologi Informasi. Sementara di negara-negara lain seperti Jepang, Amerika dan lain-lain terus berlomba untuk menciptakan teknologi terbarunya. Seperti Jepang, jepang untuk sumber penghasilan kedua buat negaranya adalah Industri kreatif. Dari perkembangan ini saya mempunyai cara untuk membuat harapan atau impian saya menjadi kenyataan tentang Teknologi Informasi tahun 2021 nanti masyarakat indonesia bukan sebagai objek lagi dari Perkembangan Teknologi Informasi. Tapi bisa menciptakan teknologi-teknologi yang tidak kalah hebatnya dengan negara-negara maju seperti Amerika, Jepang dan lain-lain.

Disini saya mempunyai cara untuk merubah pola pikir masyarakat Indonesia agar tidak selalu menjadi pekerja dalam perusahaan, tapi sebagai orang yang memperkerjakan orang lain dalam perusahaannya. Saya mempunyai konsep mulai tahun 2012 insyallah setelah saya selesai kuliah. Saya mau buat pameran multimedia besaran-besaran dengan bekerja sama dengan komunitas-komunitas multimedia se-indonesia, untuk berperan memperkenalkan masyarakat indonesia tentang pentingnya multimedia sebagai peluang untuk menciptakan industri-industri kreatif. Peran saya disini juga membuka Lembaga Kursus Multimedia. Lembaga kursus ini sebagai wadah buat masyarakat khususnya Generasi muda seperti anak sekolah, mahasiwa dan orang tua untuk belajar multimedia. Jadi setelah mereka selesai dari belajarnya, mereka bisa menciptakan usaha kreatif. Bayangkan jika ada 20 orang perbulannya yang membuka usaha atau jadi pengusaha kreatif. Maka lapangan kerja di Indonesia ini akan semakin luas. Jadi tidak ada lagi yang namanya antrian untuk menjadi pegawai. Tapi malah menciptkan lapangan kerja. Buat anak sekolah dan mahasiswa bukan lagi zamannya sebagai user di Game. Tapi malah menciptakan Game yang dipakai orang banyak. Menurut saya ini adalah konsep yang harus terus dikembangkan, diperluas dan dipercepat. Ya berawal dari Lembaga Kursus Multimedia di Medan.

Saya mempunyai tekat kuat untuk Lembaga Kursus Multimedia ini nantinya mempunyai cabang-cabang yang terletak di wilayah-wilayah Indonesia lainnya , khususnya di daerah-daerah tertinggal. Karena target saya setelah berjalannya di Medan, saya pingin di daerah tertinggal bisa menjadi pengusaha di industri kreatif melalui Pelatihan gratis di daerah-daerah tertinggal. Dan tidak kalah pentingnya adalah pengamen, pengemis dan anak-anak jalanan di daerah atau kota nanti. Saya pingin mereka tidak terus-menerus melakukan hal yang sama. Saya mengikutsertakan mereka dalam membuka Industri Kreatif dengan cara membinannya secara tahap demi tahap. Memang tidak gampang untuk memberikan arahan kepada mereka. Tapi setidaknya dengan mengikutsertakan mereka dalam industri kreatif nanti, tingkat pengganguran di Indonesia bisa berkurang. Dan buat pemerintah tidak perlu adanya dana BOS dan pemberian beras buat warga miskin lagi. Tapi yang diperlukan dan dipercepat adalah adanya peminjaman dana buat Komunitas-komunitas multimedia atau pelaku seni agar mereka dapat menciptakan Industri Kreatif. Jadi dengan begitu pengeluaran khas negara terhadap warga miskin berkurang. Karena tidak ada lagi warna miskin dan tentunya negara kita tidak dikenal lagi oleh negara lain sebagai negara miskin, tapi negara pencipta teknologi informasi yang hebat. Inilah harapan saya untuk membuatnya menjadi kenyataan. Semoga menjadi kenyataan setelah saya selesai kuliah ataupun sebelum kuliah. Amin..
Read more

0 Pandangan masyarakat tentang Teknologi Informasi dimata manusia sebagai Jurnalis

Wednesday 2 March 2011 Labels:

DEWASA ini informasi merupakan “komoditas primer” yang dibutuhkan orang, seiring dengan semakin canggihnya teknologi komunikasi, sehingga lazim dikatakan, peradaban pada masa ini merupakan “peradaban masyarakat informasi.”

Informasi bukan hanya kebutuhan, melainkan juga dapat menjadi sumber kekuasaan. Teknologi informasi dapat menjadi alat terpenting untuk memanipulasi dan alat kendali. Dan memang, telah menjadi pendapat umum, siapa yang menguasai informasi dialah penguasa masa depan.

Mengingat begitu pentingnya informasi, peran pers pun menjadi penting. Merekalah yang memburu berita (fakta atau kejadian), meliputi berbagai peristiwa, dan menuliskannya untuk dikonsumsi khalayak. “Di mana terjadi suatu peristiwa, wartawan akan berada di sana,” kata M.L Stain. “Seperti mata dan telinga para pembaca suatu harian.”

Dengan adanya frase “hak masyarakat untuk tahu,” pers semakin memiliki makna yang benar-benar mengakar di masyarakat, yaitu apa yang ada pada zaman modern ini disebut stransparansi dalam pemerintahan yang menjadi kepedulian kita semua. Yang berarti menyangkut hajat hidup khalayak umum. Tidak sekadar hak untuk tahu, lebih mendasar lagi hak untuk menerima informasi dengan benar.

Hak menerima informasi dengan benar dilindungi Undang-undang Hak-Hak Asasi Manusia (UU HAM), pasal 19, yang menyebutkan: Setiap orang berhak atas kebebasan mempunyai dan mengeluarkan pendapat. Dalam hal ini termasuk kebebasan memiliki pendapat tanpa gangguan, dan untuk mencari, menerima, menyampaikan infomasi dan buah pikiran melalui media apa saja dan dengan tidak memandang batas-batas (wilayah). Namun begitu, kebebasan dimaksud juga harus dilihat dari sisi orang lain yang juga tidak boleh terlanggar hak-hak pribadi dan kehidupannya.

Dalam perannya

Menjadi seorang jurnalis memang tidak semudah membalik telapak tangan, tetapi bukan berarti pekerjaan dan ketrampilan ini teramat sulit untuk dikuasai. Sebagai sebuah ilmu terapan dari Komunikasi, jurnalistik berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi.

Sekarang, profesi sebagai jurnalis tidak bisa dipandang enteng oleh siapa pun, sementara makin disadari bahwa media massa sangat berkuasa, mampu mengubah perilaku pembacanya. Di sisi lain, kondisi kesejahteraan para jurnalis di Indonesia juga belum terlalu menggembirakan, sehingga muncul di mana-mana fenomena wartawan bodrek, wartawan amplop–untuk menyebut mereka yang melacurkan diri mencari uang dari berita yang dimuat atau tidak bakal dimuatnya dari narasumber atau pihak tertentu yang berkepentingan.

Tanpa dibekali pengetahun, moral serta etika yang kuat, wartawan cendrung bisa tergelincir pada tujuh dosa tak terampunkan dari pers, yaitu
1. distorsi informasi
2. dramatisasi fakta palsu
3. pelangaran privacy
4. pembunuhan karakter
5. penyalahgunaan kekuasaan
6. eksplotasi sek dan
7. meracuni benak pikiran anak-anak.

Dinamika Pers di Indonesia
Pres Low-Profile
Harus diketahui pers di Indonesia sebenarnya tidak pernah sangat independen. Di zaman Orde Lama, pers menjadi terompet partai. Pers berada di bawah partai. Organ partai. Namun demikian pers bebas bicara, bahkan sebebas-bebasnya.

Memasuki zaman Orde Baru terjadi perubahan. Sejajar dengan proses depolitisasi, pers pun satu demi satu lepas dari partai. Pemerintah Orde Baru berusaha membangun partnership (kemitraan) dengan kekuatan-kekuatan yang ada dalam masyarakat. Mengembangkan bentuk hubungan bapak-anak. Termasuk dengan pers.

Kemitraaan dilandasi saling pengertian, tapi dalam praktiknya, pers yang harus banyak mengerti pemerintah. Pemerintah meminta pers mengerti posisinya. Pers diminta tidak gampang melancarkan kecaman kepada pemerintah, apalagi memojokkannya. Sehingga terjadi apa yang kemudian disebut self-censorship (swasensor). Dalam konteks kemitraan itu, seolah-oleh swasensor menjadi sesuatu yang biasa-biasa saja. Bukan hal yang menyimpang dan perlu dipermasalahkan.

Lalu, bagaimana dengan pers pada saat ini. Pers pada saat ini bak berada di ketiak konglomerat/pengusaha. Yang menarik perkembangan terakhir ini adalah fenomena beralihnya perusahaan pers dari orang-orang pers ke orang-orang non-pers. Kalau sudah begini, pemberitaannya pun jauh dari nilai-nilai jurnalistik dan lebih mementingkan sek, kekerasan, mistik dan kesenangan semu.

Pers Ideal = Pers Profesioanl
Pers yang ideal demi tegaknya kehidupan bermasyarakat dan bernegara yang demokrasi adalah pers bebas yang difungsikan oleh jurnalis-jurnalis profesional. Profesionalisme yang menjadi esensi jurnalis dalam institusi pers bebas itu berfungsi menjaga dihormatinya hak setiap warga masyarakat–siapa pun tanpa kecuali–untuk tidak dimobilisasi melainkan berpartisipasi di dalam setiap proses politik.

Pers melalulintaskan berita dan informasi demikian rupa agar dapat diketahui untuk siapa saja. Karena memiliki akses yang luas untuk mendapatkan informasi yang ada, maka siapa saja akan dapat ikut serta dalam setiap proses pengambilan putusan yang bermakna secara politis, secara kritis, dan cerdas.

Karena fungsinya untuk menjaga terlestarikanya proses-proses politik yang demokratis–dengan menjadikan dirinya wahana bagi semua warga tanpa kecuali untuk disatu pihak memperoleh informasi yang terbuka tentang kebijakan dan prilaku penguasa baik yang telah manifesto maupun yang masih latent, dan dilain pihak untuk menyalurkan aspirasi dan respon-respon kritiknya–itulah maka pers boleh disebut-sebut sebagai watchdog hak-hak rakyat.

Hak-hak apakah itu? Ialah hak-hak yang asasi untuk berkebebasan dan berpolitik. Pers dalam masyarakat dan negara yang demokratis akan terkonstruksi menjadi suatu instutusi yang tak dapat tidak harus ada, guna menjamin terus dihormatinya dan merealisasikan hak-hak sipil dan hak-hak politik warga negara, yang pada akhirnya juga akan menentukan terjaminnya lebih lanjut hak-hak asasi mereka yang lain di bidang ekonomi, sosial, dan budaya.

Maka, demi fungsinya yang sentral dan vital dalam kehidupan demokratik itulah, maka pers di negeri-negeri yang berikrar untuk terus menegakkan demokrasi sering disebut-sebut sebagai “kekuasaan keempat” (the fourth satate), melengkapi tiga kekuasaan lain (eksekutif, judikatif dan legislatif) yang oleh Monstesquieu disebut trias politica. Dalam posisi politisnya sebagai “kekuasaan keempat” dan dalam fungsinya sebagai pengawas (the watchdog) kekuasaan itulah pers bebas. Dalam arti mampu melepaskan diri dari badan pemerintah maupun yang tengah berkuasa, baik yang legislatif atau yudisial, apalagi eksekutif.

Pers bebas yang tidak ada di bawah kontrol siapa pun, kecuali di kontrol oleh jurnalis profesional yang berkeahlian dan berintelektual tinggi–sebagaimana layaknya insan-insan profesional yang lain–dan yang melaksanakan tugasnya tidak akan dikontrol oleh siapa pun, kecuali oleh kode etiknya sendiri, dan di bawah pemilik organisasinya sendiri yang independen.

Sumber : Zaldy Munir
Read more

0 Pandangan masyarakat tentang Teknologi Informasi dimata manusia sebagai Pekerja Sosial

Labels:

Berkembangnya tehnologi informasi dan internet begitu pesat baik di Negara maju maupun di Negara yang sedang berkembang seperti di Indonesia. Kehadirannya sudah dianggap sebagai kebutuhan yang “harus” ada, dan itu semua membawa perubahan yang revolusioner terhadap cara hidup dan aktifitas kita sehari-hari tanpa terkecuali, berbagai hal dapat dilaksanakan dengan lebih efektif dan efisien, dan dengan adanya kemudahan dalam memperoleh informasi, semua orang dapat menikmati tanpa membedakan usia, status, agama, suku dan sebagainya. Tetapi yang perlu diingat bahwa dibalik kemudahan itu ada “sesuatu yang tersembunyi” yang kita sendiri mungkin tidak mengetahuinya. Kita tidak tahu apakah yang tersembunyi tersebut, memiliki efek positif ataukah negatif, baik ataukah jahat, namun yang terpenting kita harus selalu menyikapi positif terhadap apa yang masuk, dan harus memiliki filter (penyaring) sebagai sikap antisipatif, di dalam menerima sesuatu yang baru dari suatu kemajuan peradapan IT yang saat ini sudah ada dihadapan kita.

Kemudian langkah yang diambil adalah : kita sebagai pengguna (user), hendaknya dapat berperilaku selektif, yaitu informasi manakah yang akan kita pilih, kita kelola dan kita manfaatkan, dan informasi manakah yang tidak perlu, yang sekiranya menjerumuskan maka kita hindari.

Tehnologi informasi dan internet sendiri adalah sebuah bentuk dari gagasan atau ide, bahkan beberapa praktisi di bidang teknologi informasi dan internet memasukkan “informasi” sebagai faktor produksi penting dari sebauh perkembangan global, sehingga lambat laun akan mempengaruhi struktur sosial masyarakat, nilai budaya/kultur, kepercayaan, perilaku sosial, lingkungan sekitar, dan sebagainya. Keleluasaan dalam menggali dan mengelola informasi merupakan faktor pendukung yang tanpa disadari telah membuka peluang yang ada, artinya kita tidak perlu lagi bersusah payah mencari sebuah informasi hingga harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit dan mengurus tenaga yang banyak. Melalui teknologi komunikasi dan informasi, jarak dan kondisi bukan lagi halangan bagi kita untuk melihat ragam peristiwa yang terjadi di belahan dunia. Menurut McLuhan, (dalam Infante et,al,1990:371), mengatakan bahwa dunia saat ini diumpamakan sebagai “Global Village” (perkampungan global), dimana saat ini kita dapat mengetahui orang dan peristiwa yang terjadi di negara lain hamper sama seperti layaknya seorang warga desa dengan warga desa yang lainnya yang menjadi tetangganya. Perkembangan teknologi informasi dan internet sudah menjadi prioritas tersendiri, termasuk salah satunya bidang sosial dimana kebutuhan informasi yang akurat menjadi faktor terpenting yang harus dipertimbangkan. Sehingga diharapkan informasi yng terkumpul akan menjadi sebuah narasumber yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya. Oleh karena itu, untuk mengetahui sejauh mana dampak perkembangan tersebut berpengaruh kepada komunikasi sosial, ada baiknya dipahami terlebih dahulu bahwa sebuah komunikasi sosial didalamnya terkandung makna sebagai suatu proses penyampaian pesan atau informasi yang melibatkan si-pengirim, mediator dan si-penerima yang memungkinkan untuk memberikan umpan balik dari si pengirim k eke penerima, begitu sebaliknya sehingga interaksi dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan.

Terkait dengan pemanfaatan IT dalam Praktek Pekerjaan Sosial, maka disini seorang Pekerja Sosial berperan sebagai mediator yang membangun pola interaksi antara seseorang dengan sistem-sistem sumber di lingkunga sosialnya, baik sistem sumber alamiah atau informal, sumber formal dan sumber kemasyarakatan. Bantuan yang diperoleh seseorang dari sistem sumber informal antara lain berupa dukungan emosional, kasih sayang, nasehat, dari keluarga, tetangga, rekan kerja dan kerabat, dari tokoh masyarakat, dll. Bantuan yang diperoleh dari sistem sumber formal diantaranya adalah keanggotaan dalam suatu organisasi tertentu yang sifatnya formal, yang bertujuan untuk meningkatkan minat para anggotanya, misalnya : seorang yang menjadi anggota koperasi, dia akan berharap agar banyak memperoleh kemudahan dari organisasi sehingga dapat membantu menopang kehidupannya. Sedangkan sistem sumber kemasyarakatan adalah lembaga-lembaga yang didirikan baik oleh Pemerintah maupun Swasta yang memberikan pelayanan kepada semua orang, misalnya : sekolah, rumah sakit, Lembaga Bantuan Hukum, Panti-Panti Sosial, dan lain-lain.

Kembali pada masalah IT, saat ini IT telah merambah begitu pesatnya di seantero dunia, bahkan tiap hari bisa hadir dihadapan kita, dan bagi sebagian orang sudah menjadi suatu kebutuhan pokok, dan makanan pokok sehari-hari. Semakin pesatnya perkembangan IT tersebut, maka mau tidak mau harus diimbangi pula oleh kemampuan dari para Pekerja Sosial, yang notabene adalah para “mediator” tersebut. Menyadur pendapat Bapak Holil Sulaiman, MSW, yang mantan Direktur STKS Bandung, sekitar tahun 1988, beliau dulu saat berda di depan kami para mahasiswa selalu mengatakan : “Hendaknya anda bisa menjadi lulusan atau Sarjana yang berpredikat Plus-Plus”, …. Sarjana yang lulus dengan Predikat baik, ditambah bisa berbahasa Inggris aktif, ditambah bisa stiren mobil, ditambah canggih mengelola computer. Dan yang terakhir : yakni canggih dalam mengelola computer untuk era saat ini dapat diartikan harus pandai-pandai dalam mengelola IT.

Dengan demikian harapannya adalah : permasalahan kesejahteraan sosial yang dialami oleh orang-perorang, keluarga, kelompok masyarakat maupun masyarakat yang semestinya dapat segera tertangani, namun menjadi terhambat hanya gara-gara masih lemahnya informasi yang dimiliki. Kedepan dengan adanya pemanfaatan IT yang maksimal oleh para Pekerja Sosial dapat segera mewujudkan efektifitas dan efisiensi interaksi positif antara orang/kelayan/ penyandang permasalahan kesejahteraan sosial dengan sistem sumber yang dibutuhkan.

Sumber : Avianto
Read more

0 Pandangan masyarakat tentang Teknologi Informasi dimata manusia sebagai Orang Tua

Labels:

Kemajuan teknologi informasi seperti halnya tayangan Televisi (TV) bisa berdampak Positif atau Negatif. Hal ini sangat tergantung pada pemirsa atau pengguna.

Saya juga agak prihatin melihat tayangan TV belakangan ini, yang banyak menayangkan program acara terutama sinetron dan infotaiment yang cenderung mengarah pada tayangan berbau kemewahan, hedonisme, pertengkaran keluarga, pornografi dan mistik. Tayangan-tayangan tersebut seakan berlomba mengejar rating tanpa mempertimbangkan dampak bagi pemirsanya terutama bagi anak-anak.

Namun saya juga memberikan apresiasi terhadap TV yang banyak menampilkan tayangan ilmu pengetahuan, teknologi dan berita sehingga kita mengetahui perkembangan ilmu pengatahuan dan informasi terkini.Karenanya kita sebagai orang tua bisa memilah-milah tayangan yang bermanfaat. Kalau anak-anak lagi nonton sebaiknya didampingi dan berikan penjelasan apa isi dari tayangan itu.

Sepengatahuanku, dalam dunia pers itu ada kode etik jurnalistik yang mestinya menjadi pedoman bagi pekerja media. Selain itu, pemerintah juga telah membentuk Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sebagai lembaga pengontrol program tayangan televisi. Ini perlu dimaksimalkan perannya. Kita berharap KPI bisa lebih aktif mencermati tayangan televisi.

Sumber : Hasnul Suhaimi



Read more

0 Pandangan masyarakat tentang Teknologi Informasi dimata manusia sebagai Dosen

Labels:

Peran Teknologi Informasi Bagi Edukatif

ALVIN Toffler, dalam bukunya "The Trird Wave" (1980), menguraikan bahwa manusia kini memasuki gelombang ketiga, yakni era informasi. Sebagai seorang futurolog, ia beranggapan bahwa sejarah umat manusia di muka bumi ini, paling tidak telah melewati tiga fase atau babakan sejarah.

Fase pertama, adalah ketika manusia memasuki fase pertanian, yang terjadi disekitar sungai Tigris dan sungai Euphrat sekitar 4000 tahun lalu. Fase kedua, adalah ketika umat manusia memasuki era industri. Ini terjadi kurang lebih 500 tahun lalu dengan Eropa Barat, khususnya Inggris dan Belanda sebagai pusat pembiakannya. Dan kini, sedang melewati fase ketiga, yakni era informasi yang dimotori oleh negara Amerika bersama Eropa Barat dan Jepang menjadi aktor-aktor utamanya.

Era informasi ini ditandai dengan semakin meningkatnya tenaga kerja, dan kian terarahnya pikiran ke dalam kegiatan yang berhubungan dengan teknologi informasi. Selain itu, berperannya teknologi informasi dalam segala lini sektor kehidupan, baik itu kegiatan pendidikan, ekonomi, politik, dan budaya, mulai dari tingkat nasional maupun tingkat internasional.

Dengan berkembangnya teknologi informasi, laju kehidupan manusia sangat ditentukan olehnya. Lebih-lebih ditandai dengan penemuan-penemuan dalam bidang hardware dan software informasi serta penyebarannya yang kian menjangkau seluruh penjuru dunia. Teknologi informasi semakin memungkinkan manusia untuk melakukan hubungan satu sama lain secara intens, efektif dan efesien. Teknologi informasi modern yang kecanggihannya terus berkembang membuat manusia kian mampu memecahkan problema-problema hidup, kian memudahkan pencapaian taraf hidup yang lebih maju.

Fungsi bagi Edukatif

Sejauh ini, banyak aliran atau mazhab edukatif yang saling mengklaim bahwa dirinya merupakan aliran yang paling mumpuni. Sebut saja misalnya, aliran behaviorism, ia menganggap bahwa manusia adalah organisme yang pasif, yang sepenuhnya dipengaruhi oleh stimulus-stimulus lingkungan. Pola pikir atau tingkah laku individu pada dasarnya adalah respons individu terhadap stimulus.

Atas dasar pandangan mazhab di atas, maka dunia pendidikan sangat memerlukan sebuah stimulus agar dapat merangsang pikiran (kecerdasan), pengalaman dan tingkah laku bagi setiap individu. Oleh karena itu, kehadiran teknologi informasi tidak saja dinilai penting bagi proses edukatif, tetapi merupakan bagian yang sangat besar pengaruhnya dalam memberikan “stimulus” sebagai pendorong segala perubahan, baik secara personal maupun institusional. Perubahan yang dimaksud adalah terjadinya aktivitas individu atau institusi/lembaga dapat menjadi lebih profesional dalam penyelenggaraan peran-peran edukatifnya secara efektif dan efesien.

Secara sosiologis, hadirnya teknologi informasi telah memberikan dampak kemajuan yang dahsyat bagi proses dunia pendidikan. Metode-metode tradisional dahulu yang sering dipakai di berbagai tingkat sekolah maupun Perguruan Tinggi sudah mulai agak bergeser dan berubah. Keterbatasan sumber-sumber pengajaran yang dirasakan pada masa lalu, sekarang telah menjamur dan merebak dengan sendirinya. Bahkan, apa yang dahulu sulit dijangkau oleh pancaindra manusia, kini hampir semunya bisa diindra berkat kecanggihan teknologi informasi itu. Hanya pertanyaannya adalah apakah semua pelaku dalam dunia edukatif mampu memanfaatkan sumber media, terutama dari teknologi informasi itu sehingga dapat berguna secara intensif? Pertanyaan ini barangkali menjadi kendala cukup serius yang harus dihadapi para tenaga edukatif.

Menyadari akan merebaknya teknologi informasi, di dalam masyarakat edukatif juga masih terjadi pandangan yang paradoks. Ada sebagian dari tenaga edukatif yang antusias dan merespon segala teknologi informasi itu dengan positif, sementara sebagian yang lain memandang bahwa dengan hadirnya teknologi informasi itu justru dipandang sebagai perusak nilai-nilai edukatif itu sendiri. Silang pendapat ini saling tarik menarik antara yang merisaukan, terutama bagi mereka yang mengajarkan materi pendidikan yang berhubungan dengan penanaman sikap, tingkah laku dan nilai-nilai moral. Sedangkan bagi mereka yang mengajarkan materi umum, sosial, eksak (IPA) pasti harus bersentuhan dengan sumber-sumber teknologi informasi, sehingga teknologi informasi adalah sebuah keharusan yang tidak bisa ditepis.

Persepsi kontradiktif ini masih mewarnai di sebagian pendidikan. Apalagi tingkat kemajuan pendidikan yang ada di masyarakat masih begitu beragam. Kesenjangan antara pendidikan di pelosok desa dengan pendidikan di pusat perkotaan masih terasa sekali. Di pelosok desa, masyarakat masih menganggap bahwa teknologi informasi itu barang yang terlalu mewah, atau bahkan belum saatnya tiba untuk menggantikan tradisi dan kebiasaan yang telah lama mengakar. Mungkin juga secara material masyarakat desa belum bisa menjangkaunya, sehingga mereka lebih baik melestarikan tradisi lama yang sudah ada. Sementara di pusat perkotaan, segala media dan sumber teknologi informasi datang dengan sendirinya, bahkan masyarakat kota secara “psikologis” menjadi bagian dari agen teknologi informasi itu sendiri. Inilah perbedaan karakter sisi-sisi edukatif yang masih perlu disadari di masyarakat pendidikan nasional ini.

Untuk menghubungkan perbedaan persepsi tersebut, maka harus diperlukan sosialisasi dan komunikasi yang intens. Karena, secara kuantitatif warga edukatif yang tersebar diberbagai daerah, tingkat pengenalan dan penguasaan masih relatif lemah. Sehingga yang harus disadari adalah menjadikan teknologi informasi sebagai sesuatu yang mengundang daya tarik dan dapat menjadi solusi untuk mengurangi keterbatasan dan kesulitan yang selalu dihadapi di dunia pendidikan, terutama saat proses interaksi belajar mengajar itu terjadi.

Peran teknologi informasi dapat membantu proses pembelajaran agar lebih efektif dan efesien dan dapat digunakan untuk akselerasi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di tengah kehidupan masyarakat. Jadi, para para pengembang dan praktisi pendidikan dapat mendesain pembelajaran secara lebih kreatif dan adaptif dalam memanfaatkan sumber-sumber teknologi informasi dengan maksimal.

Sumber : Dosen Fakultas Tarbiyah UIN Maliki Malang

Read more
 
Satu hari Satu Ilmu © 2010 | Designed by Muhammad Nurwegiono