E-commerce atau Electronic Commerce merupakah Salah satu teknologi yang terus berkembang pesat dalam dunia bisnis dan per-internet-an saat ini. Penggunaan sistem E-commerce, dapat menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen maupun pihak produsen dan penjual (retailer). Misalnya bagi pihak konsumen menggunakan E-Commerce dapat membuat waktu beberlanja menjadi singkat. Selain itu harga barang-barang yang dijual melalui E-commerce biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga di toko, karena jalur distribusi dari produsen barang ke pihak penjual lebih singkat dibandingkan dengan toko konvensional.
Banyak usaha kecil sampai besar menggunakan E-commerce untuk menjual product-product mereka, baik itu dari media Facebook maupun website yang dibuat sendiri oleh mereka. Facebook digunakan oleh pelaku-pelaku usaha untuk mempromosikan product-product mereka. Mulai dari penjualan baju, jam tangan, elektronik dan lain-lain sebagainya. Untuk pelaku usahanya pun tidak hanya dari kalangan pebisnis tetapi juga dari kalangan siswa, mahasiswa maupun ibu rumah tangga mulai memanfaatkan E-commerce untuk menjual product-product mereka.
Dari semakin terus berkembangnya E-commerce ditanah air kita. Ini adalah peluang buat saya untuk membuat target 20 tahun kedepan sebuah Gudang Toko Online, dimana gudang toko online ini berfungsi untuk penyalur product-product dari pelaku usaha kecil sampai besar. Maksudnya penyalur disini adalah masih banyak juga pelaku usaha dari kecil sampai besar yang belum memanfaatkan E-commerce untuk menjual product-product mereka. Karena mungkin mereka belum mengenal internet dan cara menampilkan product-product mereka melalui internet.
Sebagai contoh : Penjual sepatu, sandal dan lain-lain di Taman Puring, saya melihatnya ini sebagai peluang. Saya bisa membatu menjual product mereka seperti sepatu, sandal dan lain-lain melalui E-commerce yang akan saya buat. Dengan begitu product-product mereka akan dibantu untuk dijual melalui internet selain mereka jual sendiri di Taman Puring.
Masih banyak lagi pelaku-pelaku usaha yang bisa diajak kerja sama untuk menjual product-product mereka melalui E-commerce tentunya dengan ketentuan dan syarat yang saya buat. Untuk tahapan jangka pendek yang saya lakukan adalah pertama kali saya membuat Mockup website E-commercenya semenarik mungkin dan tentunya tampilannya harus user friendly. Setelah mockupnya jadi, lalu saya memperkenalkan mockup e-commercenya kepada pelaku-pelaku usaha untuk menjual product-product mereka melalui E-commerce yang saya buat. Jika banyak pelaku-pelaku usaha yang tertarik dengan mockup E-commerce yang saya buat. Maka saya bisa meneruskan untuk membuat website E-commerce tersebut. Jangka menengahnya adalah setiap fungsi dari E-commerce yang saya buat lebih mudah digunakan. Tentunya di E-commerce yang saya buat tetap mengutamakan security atau keamanan. Setelah websitenya jadi dibuat, saya kembali lagi untuk mempresentasikan website E-commerce tersebut kepada pelaku usaha dan sekaligus meminta foto-foto dan keterangan dari product mereka untuk dipublish ke Website E-commerce.
Maka website E-commerce tersebut sudah mulai di upload ke internet untuk mulai di lounching. Dari lounching tersebut saya membuat product-product special atau product yang lagi drop harganya. Tentunya ini sesuai dengan permintaan pelaku usaha. Media promosipun harus dibuat baik itu dari media facebook, twitter, forum-forum maupun ke media cetak. Guna agar masyarakat tahu klau ada Gudang Toko Online yang mempermudah baik ibu rumah tangga, mahasiswa, siswa dan lain-lain mencari barang-barang yang diinginkan. Baik itu aksesoris, makanan, dan lain-lain bisa di order secara online dengan pengiriman yang cepat.
Jangka panjang yang saya lakukan adalah terus untuk mempromosikan Gudang Toko Online ke masyarakat kota maupun daerah. Tentunya juga terus mencari pelaku-pelaku usaha yang ingin product mereka jual secara online. Dan kedepan saya pingin setelah website E-commerce berjalan beberapa tahun dengan baik dan tentunya pengunjung untuk membeli product-product dari Gudang Toko Online banyak. Maka Website E-commerce versi Mobile harus dibuat juga, guna dalam hal kebutuhan para pengguna mobile yang semakin tinggi penggunaaanya untuk membeli barang-barang dari mobile mereka.
Inilah peluang yang saya lihat di pasar yang menjadi target saya untuk merancang E-commerce yang membantu para pelaku usaha dalam kesulitan menjual product-product mereka. Sampai jumpa dipostingan selanjutnya dan tetap bersahabat ya. Terima kasih. :)
Banyak usaha kecil sampai besar menggunakan E-commerce untuk menjual product-product mereka, baik itu dari media Facebook maupun website yang dibuat sendiri oleh mereka. Facebook digunakan oleh pelaku-pelaku usaha untuk mempromosikan product-product mereka. Mulai dari penjualan baju, jam tangan, elektronik dan lain-lain sebagainya. Untuk pelaku usahanya pun tidak hanya dari kalangan pebisnis tetapi juga dari kalangan siswa, mahasiswa maupun ibu rumah tangga mulai memanfaatkan E-commerce untuk menjual product-product mereka.
Dari semakin terus berkembangnya E-commerce ditanah air kita. Ini adalah peluang buat saya untuk membuat target 20 tahun kedepan sebuah Gudang Toko Online, dimana gudang toko online ini berfungsi untuk penyalur product-product dari pelaku usaha kecil sampai besar. Maksudnya penyalur disini adalah masih banyak juga pelaku usaha dari kecil sampai besar yang belum memanfaatkan E-commerce untuk menjual product-product mereka. Karena mungkin mereka belum mengenal internet dan cara menampilkan product-product mereka melalui internet.
Sebagai contoh : Penjual sepatu, sandal dan lain-lain di Taman Puring, saya melihatnya ini sebagai peluang. Saya bisa membatu menjual product mereka seperti sepatu, sandal dan lain-lain melalui E-commerce yang akan saya buat. Dengan begitu product-product mereka akan dibantu untuk dijual melalui internet selain mereka jual sendiri di Taman Puring.
Masih banyak lagi pelaku-pelaku usaha yang bisa diajak kerja sama untuk menjual product-product mereka melalui E-commerce tentunya dengan ketentuan dan syarat yang saya buat. Untuk tahapan jangka pendek yang saya lakukan adalah pertama kali saya membuat Mockup website E-commercenya semenarik mungkin dan tentunya tampilannya harus user friendly. Setelah mockupnya jadi, lalu saya memperkenalkan mockup e-commercenya kepada pelaku-pelaku usaha untuk menjual product-product mereka melalui E-commerce yang saya buat. Jika banyak pelaku-pelaku usaha yang tertarik dengan mockup E-commerce yang saya buat. Maka saya bisa meneruskan untuk membuat website E-commerce tersebut. Jangka menengahnya adalah setiap fungsi dari E-commerce yang saya buat lebih mudah digunakan. Tentunya di E-commerce yang saya buat tetap mengutamakan security atau keamanan. Setelah websitenya jadi dibuat, saya kembali lagi untuk mempresentasikan website E-commerce tersebut kepada pelaku usaha dan sekaligus meminta foto-foto dan keterangan dari product mereka untuk dipublish ke Website E-commerce.
Maka website E-commerce tersebut sudah mulai di upload ke internet untuk mulai di lounching. Dari lounching tersebut saya membuat product-product special atau product yang lagi drop harganya. Tentunya ini sesuai dengan permintaan pelaku usaha. Media promosipun harus dibuat baik itu dari media facebook, twitter, forum-forum maupun ke media cetak. Guna agar masyarakat tahu klau ada Gudang Toko Online yang mempermudah baik ibu rumah tangga, mahasiswa, siswa dan lain-lain mencari barang-barang yang diinginkan. Baik itu aksesoris, makanan, dan lain-lain bisa di order secara online dengan pengiriman yang cepat.
Jangka panjang yang saya lakukan adalah terus untuk mempromosikan Gudang Toko Online ke masyarakat kota maupun daerah. Tentunya juga terus mencari pelaku-pelaku usaha yang ingin product mereka jual secara online. Dan kedepan saya pingin setelah website E-commerce berjalan beberapa tahun dengan baik dan tentunya pengunjung untuk membeli product-product dari Gudang Toko Online banyak. Maka Website E-commerce versi Mobile harus dibuat juga, guna dalam hal kebutuhan para pengguna mobile yang semakin tinggi penggunaaanya untuk membeli barang-barang dari mobile mereka.
Inilah peluang yang saya lihat di pasar yang menjadi target saya untuk merancang E-commerce yang membantu para pelaku usaha dalam kesulitan menjual product-product mereka. Sampai jumpa dipostingan selanjutnya dan tetap bersahabat ya. Terima kasih. :)
0 comments:
Post a Comment